tour

Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang

Alun-Alun Taman Merdeka  merupakan taman terbuka yang terletak di pusat kota Pangkalpinang. Terletak di Kilometer 0, Taman ini berada di barat jalan Jenderal Sudirman dan di depan rumah ex residen di Jalan Merdeka. Di kawasan sekitar alun-alun ini terdapat terdapat lapangan tenis, internet hot spot, serta taman sari yang di dalamnya terdapat panggung hiburan rakyat, tempat permainan anak-anak, lapangan voli, dan khusus nya tempat tongkrongan muda-mudi.
Wilhelmina Park atau Taman Sari dirancang oleh arsitek Van Ben Benzenhorn yang dijadikan sebagai fasilitas pendukung dari Rumah Residen. Di taman ini dibangun pula tugu "pergerakan kemerdekaan" yang melambangkan nyala api perjuangan masyarakat Indonesia, khususnya di Bangka dalam memperjuangkan kemerdekaan melawan Belanda
Taman ini merupakan tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat kota, terutama pada sore hari dan hari libur. Pada hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, Alun-alun ini menjadi tempat dilaksanakannya Sholat. Pada pertengahan tahun, Festival Serumpun Sebalai digelar di taman ini.

Subscribe to receive free email updates: